Saturday, April 22, 2006

seseorang dari masa lalu

entah dari mana dan bagaimana dia bisa menemukan aku, seseorang dari masa lalu datang mengetuk pintu rumahku (yang padahal sudah disamarkan) dengan candanya yang kental, mengejek kemampuan bahasa sundaku. tasik seharusnya lebih kampung dari bandung, dan mestinya aku bisa berbahasa sunda lebih baik dari orang bandung, apa daya, yang mengetuk pintu adalah seorang gadis yang sangat cerdas, dan entah berapa banyak bahasa yang dia kuasai, termasuk spanish, kali (sekarang).

cuma bersua dengannya beberapa kali, tahun2 yang sangat silam, di sebuah desa sepi, palalangon - jauh dari LA, jauh dari Amsterdam, tempat mainnya sekarang. aku ingat seseorang yang begitu penuh energi, passion, kecerdasan di tengah2 kkr anak2, sambil muter film waktu itu.

aku kagum sekali sama dia. aku kagum akan kecerdasan dan terutama semangatnya, ya. semangatnya. oh, gadis cerdas penuh semangat, betapa beruntungnya bumi tempat dia berpijak!

aku jadi merunduk sedih. akhir2 ini aku tidak punya semangat. kalau aku ingat masa mudaku penuh dengan idealisme dan semangat. nerobos kantor pangab, ke gedung mpr, dan berbagai cita2 dan gejolak untuk ini untuk itu. semuanya tiada sekarang. hari ini aku berkata pada orang lewat, 'aku cuma mau melalui hari2ku saja....'

tiada cita, tiada mimpi.

ngomong2 masa lalu, juga seorang sobat mengirim pesan penuh semangat, mengajak bikin script film tentang sesuatu. 'ingat ngga,..ini yang kita omongin di jogja dulu' masa lalu, ya masa lalu.

aku menghitung hari, seperti seorang teman lakukan. duh, masa hidupku kayanya masih panjang, kalau normal.

dan aku perlu semangatku kembali...

1 comment:

ayub yahya said...

bisa jadi film ni :)))